Reksadana Lancar Victoria Merkurius torehkan kinerja tertinggi di September

Oct 01 2018 09:11PM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Reksadana Lancar Victoria Merkurius milik PT Victoria Manajemen Investasi berhasil mencatatkan kinerja tertinggi dalam daftar kinerja reksadana pasar uang sepanjang September 2018.
Berdasarkan data Infovesta Utama per Jumat (28/9), reksadana tersebut mencetak kinerja 0,49% sepanjang September 2018. Sementara, sejak awal tahun reksadana tersebut menempati posisi 6 tertinggi dengan kinerja 4,34%.
Putu Wahyu Suryawan, Fund Manager Victoria Manajemen Investasi mengatakan, strategi yang ia terapkan adalah menempatkan dana investasi pada deposito.
"Pemilihan bank berdasarkan rate deposito yang kompetitif dan fleksibel dalam mencairkan dana, dengan kata lain terdapat opsi breakable," kata Putu, Senin (1/10).
Dengan begitu, mayoritas portofolio investasi ditaruh pada deposito dengan tenor bulanan.
Putu memproyeksikan return reksadana pasar uang di Victoria MI bisa mencapai 5,78% hingga 6% diakhir tahun 2018. Pertumbuhan tersebut didukung dari kenaikan suku bunga The Fed dan BI 7-Day Repo Rate.
Namun, sentimen negatif bisa berdampak jika suatu reksadana pasar uang memiliki porsi yang cukup besar apda obligasi kurang dari 1 tahun. Maklum, kenaikan yield obligasi dan penurunan harga obligai dapat menggangu kinerja reksadana pasar uang.
Per September 2018 dana kelolaan reksadana Lancar Victoria Merkurius mencapai Rp 247,3 miliar. Dengan tingginya kinerja reksadana ini, Putu mengharapkan bisa menarik minat investor untuk membeli reksadana ini. Ia pun memperkirakan hingga akhir tahun 2018 ada penamabahan dana kelolaan sebesar Rp 300 miliar sehingga dana kelolaan reksadana ini menjadi Rp 547,3 miliar.

Kembali

PT. Sinarmas Asset Management meraih delapan penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 dari Majalah Investor. Produk yang mendapatkan penghargaan adalah Reksa Dana Danamas Dollar, Danamas Stabil, Simas Income Fund dan Danamas Fleksi