Kinerja reksadana saham unggul sepanjang Januari 2019

Feb 01 2019 08:51PM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang rebound di awal tahun membuat kinerja reksadana saham yang tercermin dalam Infovesta Equity Fund Index berkinerja paling tinggi di sepanjang Januari 2019.
Berdasarkan data Infovesta Utama per akhir Januari, kinerja rata-rata reksadana saham tumbuh 3,56% mengungguli kinerja reksadana jenis lain.
Kinerja reksadana campuran yang tercermin dalam Infovesta Balanced Fund Index mencatatkan kinerja 3,15% di periode yang sama. Sementara, reksadana pendapatan tetap yang tercermin dalam Infovesta Fix Income Fund Index berkinerja 0,50%. Terakhir reksadana pasar uang yang tercermin dalam Infovesta Money Market Fund Index berkinerja 0,45%.
Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana mengatakan kinerja reksadana saham bisa unggul karena IHSG juga tumbuh positif sebesar 5,45% di periode yang sama.
Wawan mengamati di Januari terjadi pembalikan kondisi pasar setelah The Fed tak lagi agresif menaikkan suku bunga acuan mereka. Hal ini membuat dana asing kembali masuk ke pasar modal domestik dan membuat kinerja reksadana berbasis saham ikut merasakan sentimen positif.
Selain itu, perkembangan perang dagang di Januari juga cenderung memberikan sentimen positif.
Wawan memproyeksikan reksadana saham mampu mempertahankan kinerja positifnya hingga akhir tahun. "Paling tidak IHSG berkemungkinan tumbuh 10% di tahun ini," kata Wawan, Jumat (1/2).
Meski rata-rata kinerja rekasadan saham masih berada di bawah IHSG, beberapa produk reksadana berhasil catatkan kinerja jauh melebihi IHSG.

Kembali

PT. Sinarmas Asset Management meraih delapan penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 dari Majalah Investor. Produk yang mendapatkan penghargaan adalah Reksa Dana Danamas Dollar, Danamas Stabil, Simas Income Fund dan Danamas Fleksi