IHSG Punya Peluang Menguat Lagi

Jul 11 2018 11:36AM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami penguatan cukup dahsyat pada perdagangan kemarin. Indeks saham sukses melambung 1,98% dan ditutup di 5.807,38.

Penguatan indeks saham ini didorong oleh aksi beli investor lokal. Sementara investor asing masih mencatatkan posisi jual bersih alias net sell sebesar Rp 485,04 miliar. Meski begitu, investor asing mulai mencatatkan beli bersih (net buy) di pasar reguler, senilai Rp 75,76 miliar.

Indeks saham menguat berkat sentimen positif dari global. "Kurs yuan menguat, sehingga ada peluang bagi dollar Amerika Serikat (AS) melemah," kata Juan Harahap, analis Artha Sekuritas, Senin (9/7).

Analis Erdikha Elit Sekuritas Okky Jonathan memprediksi hari ini IHSG masih melanjutkan penguatan. "Indeks berhasil ditutup menguat dengan candle berhasil melakukan aksi golden cross MA 7, yang menunjukan indeks dalam potensi uptrend secara jangka pendek," terang dia. Menurut hitungan Okky, IHSG akan bergerak di kisaran 5.787–5.874.

Juan juga menganalisa IHSG masih berpotensi menguat. Cuma, penguatan akan terbatas karena indeks saham masih dalam fase bearish. Kisaran pergerakan IHSG ada di 5.774–5.843.

Reporter: Krisantus de Rosari Binsasi 
Editor: Wahyu Rahmawati

Kembali

PARTNERS
PT. Sinarmas Asset Management meraih delapan penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 dari Majalah Investor. Produk yang mendapatkan penghargaan adalah Reksa Dana Danamas Dollar, Danamas Stabil, Simas Income Fund dan Danamas Fleksi