Menilik strategi reksadana pasar uang syariah mempertahankan kinerja positif

Sep 25 2018 09:41PM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah volatilitas pasar obligasi, instrumen deposito menjadi salah satu tempat yang cukup aman bagi manajer portofolio reksadana untuk menempatkan dana.
Terutama, reksadana pasar uang syariah yang memang hanya dapat mengalokasikan dananya pada instrumen deposito perbankan syariah atau sukuk dengan tenor di bawah satu tahun.
Keterbatasan ini tak menjadi penghalang reksadana pasar uang syariah untuk mencetak kinerja positif. Bahana Likuid Syariah misalnya, yang per 24 September, memiliki return 5,28% secara year-on-year (yoy).
Direktur Bahana TCW Investment Management Soni Wibowo, mengatakan, saat ini strategi pengelolaan portofolio reksadana tersebut ialah dengan menempatkan dana 100% pada instrumen deposito di bank syariah.
"Ini karena risk adjusted return-nya masih lebih baik dibanding instrumen money market lainnya," kata Soni kepada Kontan.co.id, Selasa (25/9).
Sejatinya, Soni melihat risiko gagal bayar kupon maupun prinsipal obligasi saat ini masih tergolong rendah. Dengan kata lain, secara industri, kemampuan membayar utang emiten masih cukup baik
"Namun, risiko nilai harga wajar (mark to market) masih tergolong tinggi sehingga risk adjusted return-nya rendah," kata Soni.
Itu yang membuatnya masih memilih penempatan pada deposito ketimbang obligasi syariah saat ini.
Menilik fund fact sheet Bahana Likuid Syariah per akhir Agustus lalu, reksadana ini menempatkan dananya pada deposito BJB Syariah, Bank Victoria Syariah, Bank Muamalat, BPD Syariah, dan BTN Syariah. Soni menyebut, saat ini dana kelolaan Bahana Likuid Syariah sudah mencapai Rp 138 miliar.
Senada, Sucorinvest Asset Management juga bakal menerapkan strategi serupa pada produk reksadana pasar uang syariah terbarunya nanti.
Reksadana bertajuk Sucorinvest Sharia Money Market Fund ini sudah dinyatakan efektif oleh OJK hari ini dan akan resmi diluncurkan pada pekan depan.
Direktur Utama Sucorinvest Asset Management Jemmy Paul Wawointana, mengatakan, reksadana ini memiliki kebijakan penempatan dana maksimal 50% pada sukuk dan minimal 50% pada deposito.
"Namun, kami akan tempatkan lebih banyak di deposito untuk menjaga rasio likuiditas. Sementara sukuk porsinya masih akan maksimal 40% dengan preferensi sukuk korporasi untuk menjaga return," terang Jemmy.

Kembali

PT. Sinarmas Asset Management meraih delapan penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 dari Majalah Investor. Produk yang mendapatkan penghargaan adalah Reksa Dana Danamas Dollar, Danamas Stabil, Simas Income Fund dan Danamas Fleksi