Kinerja Archipelago Equity Growth tumbuh 30,83% hingga akhir kuartal III

Oct 02 2018 07:21PM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja rata-rata reksadana saham masih mengalami tren penurunan di tengah ketidakpastian pasar. Namun, salah satu produk reksadana saham, yakni Archipelago Equity Growth mampu mencetak imbal hasil menawan.
Berdasarkan data Infovesta Utama, kinerja reksadana Archipelago Equity Growth tumbuh 30,83% (ytd) hingga akhir kuartal III. Hasil ini menempatkannya di peringkat kedua produk reksadana saham terbaik yang tercatat di Infovesta Utama.
Sekadar informasi, Archipelago Equity Growth kali ini dikelola oleh Shinhan Asset Management. Hal ini terjadi setelah perusahaan pengelola dana investasi tersebut mengakuisisi Archipelago Asset Management pada bulan lalu.
Presiden Direktur Shinhan Asset Management, Tjiong Toni menyampaikan, reksadana Archipelago Equity Growth menerapkan strategi alokasi aset pada saham-saham berkapitalisasi besar atau blue chip untuk keperluan trading jangka pendek.
Kami juga memilih saham-saham super blue chip yang kapitalisasi pasarnya selalu di atas Rp 100 triliun selama beberapa tahun terakhir, ujar dia, Selasa (2/10).
Selain itu, reksadana Archipelago Equity juga mengandalkan saham-saham berkapitalisasi menengah (mid cap) hingga rendah (small cap) untuk keperluan jangka panjang.
Toni mengaku, pembobotan masing-masing jenis saham dalam portofolio Archipelago Equity Fund dilakukan secara seimbang, namun tetap memperhatikan fundamental emiten yang bersangkutan. Kami pilih saham-saham yang tidak sensitif terhadap risiko volatilitas rupiah, tambahnya.
Strategi menyebar aset pada saham-saham berkapitalisasi besar hingga kecil akan tetap dipertahankan oleh Shinhan AM untuk reksadana Archipelago Equity Fund. Perubahan hanya terjadi pada spesifikasi saham-saham yang dipilih bergantung pada kondisi pasar di masa mendatang.
Toni juga optimistis, ketika IHSG bisa kembali menembus level di atas 6.000, kinerja reksadana ini akan tumbuh melampaui pencapaian kinerja rata-rata reksadana saham pada umumnya.

Kembali

PT. Sinarmas Asset Management meraih delapan penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 dari Majalah Investor. Produk yang mendapatkan penghargaan adalah Reksa Dana Danamas Dollar, Danamas Stabil, Simas Income Fund dan Danamas Fleksi