Kinerja pasar keuangan minus tapi AUM Schroder Indonesia stabil, ini rahasianya

Oct 30 2018 09:47PM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah dana kelolaan PT Schroder Investment Management Indonesia (Schroder Indonesia) stabil di tengah volatilitas pasar keuangan yang tinggi di sepanjang tahun ini.
Senior Vice President Intermediary Business PT Schroder Investment Management Indonesia Adrian Maulana mengatakan jumlah dana kelolaan Schroder Indonesia per September 2018 mencapai Rp 84 triliun. Jumlah tersebut sama dengan jumlah kelolaan di akhir tahun lalu.
"Dengan kondisi pasar yang cukup volatile dana kelolaan kami tidak mengalami penurunan," kata Adrian, Selasa (30/10).
Menurut Adrian, dana kelolaan bisa stabil karena para nasabah di Schroder Indonesia mayoritas investor institusi yang paham bahwa ketika pasar koreksi itu justru saat yang tepat untuk akumulasi beli.
"Saat ini valuasi pasar saham Indonesia cukup menarik sehingga investor dapat mulai masuk ke pasar saham terutama mereka yang memiliki horison investasi jangka panjang," kata Adrian.
Di kesempatan berbeda, Irwanti, Direktur, Fund Manager, PT Schroder Investment Management Indonesia menambahkan hingga akhir tahun ia proyeksikan situasi pasar keuangan masih akan volatile baik karena faktor global maupun domestik.
Irwanti menjabarkan, dari sisi global The Fed diperkirakan masih akan menaikkan suku bunga Fed Treasury Yield. Sentimen lain yang perlu investor cermati adalah depresiasi yuan yang akan menambah tekanan lebih lanjut pada rupiah. Hal ini menandakan perlambatan pertumbuhan ekonomi di China.
Sementara, dari sisi domestik, angka trade balance yang masih lemah karena harga minyak tinggi dan harga batubara kalori rendah mulai turun memberikan indikasi angka CAD di kuartal III-2018 bisa melebihi 3%.
Namun demikian foreign outflow yang sudah cukup besar hingga mencapai Rp 100 triliun dalam satu tahun terakhir dengan penurunan sekitar 10%, menurut Irawanti secara valuasi, pasar saham Indonesia sudah murah bagi investor. Maka ini saatnya investor untuk mulai berinvestasi untuk jangka panjang.

Kembali

PT. Sinarmas Asset Management meraih delapan penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 dari Majalah Investor. Produk yang mendapatkan penghargaan adalah Reksa Dana Danamas Dollar, Danamas Stabil, Simas Income Fund dan Danamas Fleksi