Penerbitan reksadana indeks dan ETF makin subur tahun ini

Dec 12 2018 12:29PM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penerbitan produk reksadana indeks dan exchange traded fund (ETF) di tahun ini mencetak rekor jumlah terbanyak jika dibandingkan dengan penerbitan kedua jenis reksadana tersebut di tahun-tahun sebelumnya.
Berdasarkan rilis Infovesta Utama per Senin (10/12), di tahun ini tercatat ada 22 produk reksadana berjenis indeks dan ETF baru yang dirilis para manajer investasi.
Sebagai perbandingan jumlah produk baru yang diluncurkan pada tahun 2017 sebanyak 12 produk. Angka ini pun telah naik dari empat produk 2016 dan satu produk baru di 2015.
Meningkatnya pertumbuhan jumlah produk reksadana indeks dan ETF baru di tahun ini tentu disokong dari meningkatnya minat manajer investasi untuk menerbitkan produk berjenis indeks dan ETF. Hal ini terlihat dari kenaikan jumlah manajer investasi yang ikut berkontribusi dalam penerbitan kedua jenis reksadana tersebut.
DI tahun ini, Infovesta mencatat terdapat 16 manajer investasi yang merilis produk reksadana indeks dan ETF. Jumlah ini meningkat drastis bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya dimana pada 2017 paling banyak hanya delapan manajer investasi yang ikut berkontribusi dalam menerbitkan reksadana indeks dan ETF.

Kembali

PT. Sinarmas Asset Management meraih delapan penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 dari Majalah Investor. Produk yang mendapatkan penghargaan adalah Reksa Dana Danamas Dollar, Danamas Stabil, Simas Income Fund dan Danamas Fleksi