IPIM luncurkan reksadana Indeks Premier ETF Pefindo i-Grade.

Dec 21 2018 04:55PM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indo Premier Investment Management, Jumat (21/12) resmi meluncurkan reksadana Exchange Traded Fund (ETF) baru, yang bertajuk Reksadana Indeks Premier ETF Pefindo i-Grade.
Direktur Utama (Direktur) Indopremier Investment Diah Sofiyanti mengatakan pengelolaan reksadana ini dilakukan dengan mimicking indeks Pefindo i-Grade.
Reksadana ini memiliki konstituen yang terdiri atas 30 emiten yang mendapatkan peringkat minimum BBB-. Dengan begitu reksadana ETF ini menggambarkan emiten-emiten yang memiliki peringkat investment grade.
Diah mengatakan emiten yang masuk dalam indek Pefindo i-Grade menarik karena memiliki kredit rating tinggi sehingga kemampuan pembayaran kredit emiten tersebut juga secara historis baik. Dengan begitu secara fundamental emiten tersebut dalam jangka panjang akan sustain.
Dengan memiliki rating yang tinggi, faktor ini bisa menimbulkan kepercayaan lebih terhadap kinerja emiten dalam jangka panjang.
"Rating tinggi emiten jadi memiliki alternatif pembiayaan yang lebih murah dan bisa membuat penghasilan perusahaan jadi lebih baik," kata Diah, Jumat (21/12).
Secara kinerja indeks Pefindo i-Grade dalam lima tahun terakhir juga konsisten berkinerja melebihi kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).
Diah mencatat rata-rata indeks Pefindo i-Grade mampu berkinerja lebih tinggi sebesar 3% tiap tahunnya dibandingkan IHSG.
Diah memproyeksikan di 2019 reksadana ini bisa memberikan potensi return 10%-13% dengan asumsi IHSG bisa capai 7.000 di akhir tahun depan.
Dana kelolaan reksadana ini, Diah proyeksikan bisa mencapai Rp 100 miliar di tahun depan.

Kembali

PT. Sinarmas Asset Management meraih delapan penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 dari Majalah Investor. Produk yang mendapatkan penghargaan adalah Reksa Dana Danamas Dollar, Danamas Stabil, Simas Income Fund dan Danamas Fleksi