Dua reksadana saham Samuel Asset Management unggul di awal tahun

Feb 01 2019 08:57PM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produk reksdana dari Samuel Asset Management yang bertajuk SAM Dana Cerdas dan SAM Indonesian Equity Fund yang masing-masing berkinerja 13,5% dan 13,3% di sepanjang Januari 2019. Dengan kinerja tersebut kedua reksadana itu menempati urutan keenam dan ketujuh dalam daftar kinerja reksadana saham dari Infovesta Utama.
Agus B. Yanuar, Presiden Direktur PT Samuel Aset Manajemen (SAM) membeberkan strategi pengelolaan kedua reksadananya yang unggul tersebut berangkat dari perkiraan bahwa di tahun 2019 ini nilai tukar mata uang rupiah akan lebih stabil terhadap dollar AS.
Selain itu, rata-rata EPS growth para emiten bisa lebih baik dari tahun lalu. Dari sekitar 8% di tahun lalu, Agus memproyeksikan rata-rata pertumbuhan kinerja emiten menjadi 12%-15% di tahun ini.
"Valuasi relatif bursa emerging market kini lebih murah dari developed market, sehingg ada potensi arus dana asing ke emerging market termsuk Indonesia akan deras," kata Agus, Jumat (1/2).
Terakhir, tentunya kebijakan The Fed yang lebih ramah pasar.
Dengan analisa tersebut, Agus mengatakan pilihan utama investasi di tahun ini akan mengarah pada sektor-sektor domestik dan secara selektif memilih beberapa sektor yang sudah terkoreksi tajam. Pilihan sektor yang menjadi unggulan SAM adalah perbankan, konstruksi, properti, konsumsi, minyak dan gas, serta logam dasar.
Agus memproyeksikan IHSG di akhir tahun bisa mencapai 6.800-7.200. Sektor diatas juga Agus proyeksikan masih berpotensi menguat hingga akhir tahun. Dengan begitu, potensi imbal hasil reksadana saham milik SAM bisa mencapai sekitar 15%-25% hingga akhir tahun.

Kembali

PT. Sinarmas Asset Management meraih delapan penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 dari Majalah Investor. Produk yang mendapatkan penghargaan adalah Reksa Dana Danamas Dollar, Danamas Stabil, Simas Income Fund dan Danamas Fleksi