BNP Paribas bidik dana kelolaan reksadana Indeks SRI-KEHATI Rp 500 miliar tahun ini

Feb 13 2019 09:58PM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT BNP Paribas Investment Partners telah meluncurkan reksadana Indeks SRI-KEHATI akhir tahun lalu. Pihaknya yakin dapat meraup dana kelolaan atau asset under management (AUM) sebesar Rp 500 miliar sampai dengan akhir tahun 2019 untuk produk ini.
Presiden Direktur, BNP Paribas Vivian Secakusuma mengatakan generasi milenial cukup akrab dengan dunia internet sehingga sejalan dengan cara BNP Paribas menyalurkan reksadana indeks tersebut.
Milenial adalah kelompok masyarakat yang lahir pada awal 1980-an hingga awal 2000-an, mereka kini dinilai cukup dewasa dan telah memiliki aset yang cukup untuk berinvestasi, kata Vivian kepada Kontan, Rabu (13/2).
Ia menambahkan mengingat jumlah populasinya yang besar, kemungkinan milenial dapat memberikan sumbangsih yang cukup besar.
Selain itu berdasarkan risetnya di tahun 2017 bahwasannya 25% milenial memiliki keinginan untuk berinvestasi yang dapat berdampak terhadap lingkungan sekitar. Ia berpendapat indeks saham SRI-KAHATI merupakan pilihan tepat untuk milenial.
Vivian menargetkan setidaknya milenial dapat memberikan kontribusi 40%-50% dari target AUM. BNPP IP katanya tidak mematok jumlah setoran reksadana indeksnya. Bahkan dari sepuluh ribu pun sudah bisa bergabung dengan kami, tutur Vivian.
Melalui konsep baru ‘investment with an impact’, BNP Paribas IP menawarkan kesempatan baru bagi calon investor yang tidak hanya ingin sekadar mendapatkan imbal hasil dari investasi nya. Tetapi juga di saat yang bersamaan dapat memberikan kontribusi positif pada pelestarian lingkungan dan kegiatan sosial.
Saat ini BNPP IP bekerjasama dengan Bank Permata dalam menyalurkan rekdasana SRI-KAHATI. Pengaplikasian dan pemasarannya dilakukan lewat online dan media sosial sehingga dekat dengan milenial.
Kata Vivian di tahun ini, BNP Paribas akan ekspansi dengan membuka saluran lain lewat online platform lainnya. Sayangnya ia belum bisa memberikan kisi-kisi siapa pihak tersebut.
Per Januari 2019 reksadana ini memberikan imbal hasil 5%-6%. Vivian menilai secara kinerja indeks SRI-KEHATI tidak kalah unggul dengan indeks lainnya.
Kinerja indeks SRI-KEHATI pun terbilang cukup baik, terutama ketika kondisi pasar saham tengah normal. Misalnya yang terjadi di tahun 2017 lalu ketika indeks tersebut mencatatkan pertumbuhan kinerja hingga 27,52%. Angka ini lebih baik ketimbang kinerja IHSG yang tumbuh 19,99% di waktu bersamaan.
Bantuan sosial yang akan direalisasikan yakni nantinya, 0,2% dari total dana kelolaan reksadana ini akan disumbangkan untuk kegiatan yang dilakukan oleh yayasan SRI-KEHATI, yakni program pelestarian dan pemanfaatan makanan lokal di Pulau Flores.
Angka tersebut tidak akan berkurang terlepas dari berapa nilai dana kelolaan yang diperoleh, karena ini sudah jadi komitmen kami, jelas dia.

Kembali

PT. Sinarmas Asset Management meraih delapan penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 dari Majalah Investor. Produk yang mendapatkan penghargaan adalah Reksa Dana Danamas Dollar, Danamas Stabil, Simas Income Fund dan Danamas Fleksi