Kinerja rata-rata reksadana saham terkoreksi 2,24% sepanjang Februari

Mar 01 2019 08:01PM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepanjang bulan Februari 2019 berdampak signifikan terhadap kinerja reksadana saham.
Berdasarkan data Infovesta Utama, kinerja rata-rata reksadana saham yang tercermin di Infovesta Equity Fund Index turun 2,24% month on month (mom) pada Februari silam. Penurunan reksadana ini lebih tajam ketimbang IHSG yang hanya terkoreksi 1,37% (mom).
Direktur Panin Asset Management Rudiyanto menilai, pasar saham dalam negeri sempat terpapar sentimen negatif dari eksternal akibat belum adanya kesepakatan dagang antara AS-China dan negosiasi denuklirisasi AS-Korea Utara yang mandek.
Kinerja reksadana saham kian tertekan lantaran sebagian besar manajer investasi di Indonesia kerap mengandalkan saham-saham berkapitalisasi besar atau big caps dalam portofolionya. Hal ini terjadi mengingat manajer investasi juga memperhatikan aspek likuiditas di reksadana sahamnya. Sebagian saham big caps turun cukup dalam sepanjang bulan lalu, kata Rudiyanto, Jumat (1/3).
Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana sepakat, banyak produk reksadana saham di Indonesia yang mengandalkan saham-saham big caps. Ditambah lagi, sebagian portofolio reksadana saham juga berisi saham-saham dari sektor yang mengalami penurunan sepanjang bulan lalu. Makanya reksadana saham penurunan kinerjanya lebih dalam dari IHSG, katanya, hari ini.
Catatan Infovesta Utama, dari 271 reksadana saham yang beredar, hanya 33 produk saja yang mencatat imbal hasil positif pada bulan lalu.
Lepas dari itu, kinerja reksadana saham masih bisa bangkit berkat bantuan sentimen laporan keuangan yang mulai dirilis. Di samping itu, pasar saham domestik diperkirakan akan mengalami reli jelang berlangsungnya pemilihan umum (pemilu) di bulan April.
Perilaku investor yang cenderung wait and see saat pemilu tidak terlalu berdampak ke pasar saham, kata Wawan. Lantas, ia memproyeksikan kinerja rata-rata reksadana saham masih bisa naik sekitar 9%-10% di tahun ini.

Kembali

PT. Sinarmas Asset Management meraih delapan penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 dari Majalah Investor. Produk yang mendapatkan penghargaan adalah Reksa Dana Danamas Dollar, Danamas Stabil, Simas Income Fund dan Danamas Fleksi