ETF berpotensi untung signifikan bila pasar saham dalam tren bullish

Mar 27 2019 09:42PM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah potensi bullish pasar saham Indonesia sepanjang tahun ini, produk Exchange Traded Fund (ETF) memiliki prospek yang menarik bagi para investor.
Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana mengatakan, kebanyakan ETF yang beredar di Indonesia memiliki acuan berupa indeks-indeks konstituen seperti LQ45, IDX30, SRI-KEHATI dan sebagainya.
Hal ini cukup menguntungkan lantaran pasar saham secara umum dalam tren yang positif sepanjang tahun ini. Secara historis pun, ketika Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) positif, maka indeks-indeks konstituen berpotensi mencetak kinerja di atas IHSG.
Tahun ini IHSG diprediksi bisa tumbuh 10%. Dengan begitu, indeks lain seperti SRI-KEHATI bisa tumbuh sekitar 12% hingga 15%, papar Wawan memberi contoh, Rabu, (27/3).
Memang, keuntungan tersebut sebenarnya bisa berubah menjadi risiko bagi para investor. Sebab, ketika IHSG bergejolak, indeks-indeks lain yang jumlah sahamnya lebih sedikit rentan terkoreksi lebih dalam.
Investor pun mesti sadar bahwa ETF didesain agar imbal hasilnya dapat menyerupai kinerja indeks. Hasilnya, manajer investasi tinggal memastikan supaya tracking error ETF dengan indeks acuannya mengecil.
Hal tersebut justru membuat kinerja ETF terlihat lebih konsisten sekaligus mudah diproyeksikan ketimbang reksadana saham biasa.
Selain itu, investor juga perlu mencermati risiko likuiditas. Pasalnya, sejauh ini transaksi ETF di pasar sekunder lebih minim dibanding di pasar primer.
Risiko ini dapat diminimalisir apabila investor memiliki ETF berjumlah satu unit kreasi atau 100.000 unit penyertaan. Jumlah unit sebanyak itu dirasa cukup aman bagi investor jika ingin bertransaksi di pasar sekunder.
Kalau kurang dari itu, investor bisa terancam mendapat harga jual yang di bawah harga pasar, ujar Wawan.
Terlepas dari risiko yang ada, Wawan melihat permintaan terhadap ETF akan terus meningkat di masa mendatang. Fitur-fitur yang dimiliki oleh ETF pun menjadikan instrumen ini sebagai salah satu inovasi baru dalam berinvestasi.
Investor ETF akan terus bertambah mengingat jumlah reksadana saham konvensional yang mampu mengalahkan kinerja indeks secara konsisten relatif jarang ditemukan, ungkapnya.

Kembali

PT. Sinarmas Asset Management meraih delapan penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 dari Majalah Investor. Produk yang mendapatkan penghargaan adalah Reksa Dana Danamas Dollar, Danamas Stabil, Simas Income Fund dan Danamas Fleksi