Kinerja reksadana saham di kuartal I masih di bawah IHSG

Apr 01 2019 09:43PM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rata-rata kinerja reksadana saham yang tercermin dalam Infovesta Equity Fund Index lebih rendah daripada kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG) selama kuartal I 2019.
Tercatat, rata-rata kinerja reksadana saham hanya tumbuh 1,43% sejak awal tahun hingga 29 Maret 2019. Sedangkan, kinerja IHSG tumbuh 4,43% di periode yang sama. Data tersebut menunjukkan mayoritas manajer investasi belum bisa mengejar kinerja IHSG di produk reksadananya.
Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana mengatakan, data tersebut juga menunjukkan mayoritas fund manager tidak mendiversifikasikan alokasi aset dengan baik, sehingga kinerja jauh berada di bawah IHSG.
"Mayoritas MI mencoba stock picking tetapi sebagian besar tidak sesuai dengan pergerakan IHSG sehingga kinerja tertinggal," kata Wawan, Senin (1/4).
Bila rata-rata kinerja reksadana saham terus di bawah IHSG, maka Wawan memproyeksikan hingga akhir tahun reksadana saham dengan strategi mengikuti indeks atau reksadana indeks bisa berkinerja lebih tinggi dibanding reksadana saham dengan strategi aktif yang ingin mengungguli IHSG.

Kembali

PT. Sinarmas Asset Management meraih delapan penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 dari Majalah Investor. Produk yang mendapatkan penghargaan adalah Reksa Dana Danamas Dollar, Danamas Stabil, Simas Income Fund dan Danamas Fleksi