Kinerja reksadana saham turun 1,41% di semester pertama 2019

Jul 01 2019 07:43PM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ekspektasi penurunan suku bunga yang langsung disambut positif pasar obligasi tak terjadi di pasar saham. Tren penurunan yield tidak berdampak langsung pada pasar saham, sehingga hingga semester I-2019 rata-rata kinerja reksadana saham masih negatif.
Berdasarkan data Infovesta Utama per 28 Juni 2019, kinerja rata-rata reksadana pendapatan tetap yang tercermin dalam Infovesta Fixed Income Fund Index tumbuh 5,34% sejak awal tahun. Pertumbuhan tersebut menjadi yang paling tinggi mengalahi kinerja rata-rata jenis reksadana lain.
Tercatat, Infovesta Balanced Fund Index yang mencerminkan kinerja rata-rata reksadana campuran di periode yang sama tumbuh 3,70%. Sedangkan, Infovesta Money Market Fund Index yang menggambarkan kinerja rata-rata reksadana pasar uang tumbuh 2,37% di periode yang sama.
Sementara, Infovesta Equity Fund Index yang menggambarkan kinerja rata-rata reksadana saham masih terkoreksi 1,41%. Sementara Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 2,65% pada semester pertama 2019.
Namun, Head of Investment Avrist Asset Management Farash Farich mengatakan efek penurunan yield SUN, Farash proyeksikan akan menyebabkan valuasi saham juga terlihat murah. "Valuasi saham saat ini hanya diskon 0,5% dari historical PER," kata Farash.
Jika suku bunga AS, Fed Fund Rate turun dan Bank Indonesia mengikuti penurunan tersebut, Farash memproyeksikan return reksadana pendapatan tetap dan saham bisa berkinerja positif di tahun ini.
Namun, sentimen negatif yang masih harus diwaspadai adalah depresiasi rupiah di luar ekspektasi karena ada tekanan dari kenaikan harga minyak mentah.
Ke depan bila kondisi rupiah dan aliran asing stabil, Farash memproyeksikan kinerja pasar saham akan terdorong karena pertumbuhan laba perusahaan dan diharapkan bisa tumbuh sekitar 10% di tahun ini.

Kembali

PT. Sinarmas Asset Management meraih delapan penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 dari Majalah Investor. Produk yang mendapatkan penghargaan adalah Reksa Dana Danamas Dollar, Danamas Stabil, Simas Income Fund dan Danamas Fleksi