Suku bunga turun, kinerja rata-rata reksadana pendapatan tetap tumbuh positif

Sep 02 2019 08:09PM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemangkasan suku bunga acuan yang dilakukan Bank Indonesia terbukti manjur bagi reksadana pendapatan tetap. Ini terlihat dari Infovesta Fixed Income Fund Index 90 sebagai acuan kinerja rata-rata reksadana pendapatan tetap yang tumbuh 0,16% (mom) pada Agustus kemarin.
Performa reksadana pendapatan tetap memang mengagumkan. Bila dihitung dari awal tahun, kinerja rata-rata reksadana ini tumbuh hingga 7,43% (ytd).
Baca Juga: Kinerja rata-rata reksadana saham tergerus 2,81% di Agustus Lalu
Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana menyebut, kinerja ciamik dari reksadana pendapatan tetap sudah terlihat sejak semester pertama lalu. Sejak suku bunga acuan baru diekspektasikan turun, kinerja reksadana pendapatan tetap sudah tumbuh positif, ungkapnya, Senin (2/9).
Managing Director, Head Sales & Marketing Henan Putihrai Asset Management Markam Halim berpendapat, reksadana pendapatan tetap sebenarnya bisa mencetak kinerja yang lebih tinggi pada bulan lalu.
Namun, hal tersebut belum terjadi lantaran spread imbal hasil obligasi negara dengan US Treasury terlampau jauh. Ini membuat potensi kenaikan harga obligasi menjadi lebih berat.
Baca Juga: Generasi milenial pun sudah harus memikirkan investasi untuk pensiun
Ia pun memandang, masih dibutuhkan sentimen lain di luar pemangkasan suku bunga acuan agar kinerja reksadana tersebut tumbuh lebih signifikan. Kinerja reksadana pendapatan tetap masih bisa naik walau tidak terlampau besar, ujarnya, hari ini.
Sementara itu, Wawan meramal suku bunga acuan masih bisa turun satu kali lagi di sisa tahun ini. Dengan begitu, peluang reksadana pendapatan tetap untuk melanjutkan tren positifnya masih sangat terbuka.
Potensi ini didukung pula oleh rekam jejak reksadana pendapatan tetap yang relatif lebih tahan banting terhadap sentimen seperti perang dagang dan resesi ekonomi global. Tentu ini bukan tanpa alasan. Sebagian dana yang keluar dari pasar saham justru masuk ke pasar obligasi, imbuh dia.
Baca Juga: Dirut Ayers Asia Dastin Mirjana Memulai Investasi dengan Modal Kecil
Maka dari itu, Wawan memproyeksikan, kinerja rata-rata reksadana pendapatan tetap di akhir tahun nanti bisa mencapai 10%.

Kembali

PT. Sinarmas Asset Management meraih delapan penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 dari Majalah Investor. Produk yang mendapatkan penghargaan adalah Reksa Dana Danamas Dollar, Danamas Stabil, Simas Income Fund dan Danamas Fleksi