Reksadana Sucorinvest Maxi Fund peroleh return 3,54% pada Agustus lalu

Sep 03 2019 08:34PM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah produk reksadana saham masih bisa memberikan imbal hasil cemerlang pada bulan Agustus lalu kendati kondisi pasar saham belum stabil. Salah satunya adalah Sucorinvest Maxi Fund.
Reksadana ini memperoleh pertumbuhan kinerja 3,54% (mom) pada Agustus silam. Angka ini melebihi kinerja rata-rata reksadana saham di Infovesta Equity Fund Index 90 yang turun 2,81% (mom).
Performa reksadana ini juga masih di atas kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang terkoreksi 0,97% (mom) di bulan kemarin.
Presiden Direktur Sucorinvest Asset Management Jemmy Paul Wawointana menyebut, performa positif reksadana Sucorinvest Maxi Fund sangat terbantu adanya saham-saham yang outperform dalam beberapa waktu terakhir.
Baca Juga: Capai return 3,83% sepanjang Agustus, ini strategi Reksadana Pacific Equity Fund
Misalnya PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang mengalami kenaikan harga saham secara signifikan seiring lonjakan harga emas global. Ada pula saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) dan PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) yang disebut Jemmy turut berkontribusi besar terhadap kenaikan kinerja Sucorinvest Maxi Fund.
Pastinya kami sangat memperhatikan faktor fundamental ketika memilih saham untuk reksadana ini, ujar dia, Selasa (3/9).
Mengutip fund fact sheet bulan Juli lalu, portofolio reksadana Sucorinvest Maxi Fund cukup didominasi oleh saham sektor pertambangan dengan porsi mencapai 24%.
Jemmy mengatakan, pihaknya berpeluang mengubah strategi pengelolaan portofolio reksadana Sucorinvest Maxi Fund. Tentunya hal ini dilakukan sembari melihat kondisi pasar saham ke depan.
Baca Juga: Ini 10 reksadana pendapatan tetap dengan return tertinggi di bulan Agustus 2019
Ia menyebut, tidak menutup kemungkinan alokasi saham untuk sektor konsumer akan diperbesar. Berdasarkan fund fact sheet, porsi saham dari sektor tersebut dalam reksadana Sucorinvest Maxi Fund tercatat sebesar 20%.
Saham-saham dari sektor keuangan juga akan ditambah mengingat sektor ini cukup diuntungkan oleh penurunan suku bunga acuan.
Jemmy pun berharap kinerja reksadana Sucorinvest Maxi Fund dapat tetap tumbuh di atas rata-rata sampai akhir tahun nanti.

Kembali

PT. Sinarmas Asset Management meraih delapan penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 dari Majalah Investor. Produk yang mendapatkan penghargaan adalah Reksa Dana Danamas Dollar, Danamas Stabil, Simas Income Fund dan Danamas Fleksi