Kinerja indeks acuan melambat, reksadana Insight Index IDX30 raih return 0,85% ytd

Sep 08 2019 05:30PM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertumbuhan kinerja indeks IDX30 cenderung lambat di tahun ini. Lantas, kondisi ini membuat kinerja reksadana yang mengacu pada indeks tersebut juga ikut melambat.
Seperti yang diketahui, indeks IDX30 baru tumbuh 0,12% (ytd) sampai Jumat (6/9) lalu. Padahal, di saat yang sama Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu membukukan return sebesar 1,85% (ytd).
Fund Manager Insight Investment Management Camar Remoa menyampaikan, lambatnya pertumbuhan indeks IDX30 tentu berpengaruh terhadap kinerja reksadana berbasis indeks. Sebab, tujuan dari reksadana indeks adalah menjaga tracking error. Ini membuat kinerja reksadana tersebut tidak bisa jauh dari indeks yang menjadi acuannya.
Insight Investment sendiri memiliki produk reksadana Insight Index IDX30. Kinerja reksadana ini tumbuh 0,85% (ytd) hingga Jumat kemarin.
Baca Juga: Indeks IDX Value30 terkoreksi karena minim sentimen
Reksadana Insight Index IDX30 mengandalkan saham-saham di sektor finansial dan infrastruktur sebagai aset dasar portofolionya. Pergerakan kedua sektor ini inline dengan aliran dana asing yang menjadi salah satu faktor utama penggerak indeks IDX30, ungkap Camar, Jumat (6/9) lalu.
Dia menambahkan, karena menerapkan strategi pasif atau indexing, maka pihaknya tidak akan melakukan perubahan komposisi atau bobot pada portofolio reksadana tersebut. Pihak Insight Investment hanya perlu menjaga tracking error seminimum mungkin.
Batas tracking error reksadana indeks yang diperbolehkan sebesar 3%, namun saat ini kami menjaga agar di bawah 1%, terangnya.
Meski demikian, Camar menyebut, di tengah kondisi pasar saham yang cenderung fluktuaktif, reksadana berbasis indeks IDX30 masih menjadi pilihan menarik bagi investor. Ini mengingat IDX30 sudah mewakili 60% kapitalisasi pasar di IHSG.
Baca Juga: Kinerja indeks IDX30 melambat, reksadana berbasis indeks terdampak
Ketika pasar berbalik arah, umumnya saham-saham big caps yang ada di indeks IDX30 akan bergerak naik lebih cepat dan menjadi sasaran utama investor asing, tandasnya.

Kembali

PT. Sinarmas Asset Management meraih delapan penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 dari Majalah Investor. Produk yang mendapatkan penghargaan adalah Reksa Dana Danamas Dollar, Danamas Stabil, Simas Income Fund dan Danamas Fleksi