Reksadana pendapatan tetap jawara di September

Oct 01 2019 10:25PM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) yang kembali turun di bulan September jadi pendorong kinerja reksadana pendapatan tetap unggul di bulan lalu.
Berdasarkan data Infovesta Utama, rata-rata kinerja reksadana pendapatan tetap yang tercermin dalam Infovesta Fix Income Fund Index 90, naik 0,79% secara bulanan. Sedangkan sejak awal tahun rata-rata kinerja reksadana pendapatan tetap tumbuh 8,29%.
Kinerja tersebut mengungguli rata-rata kinerja reksadana pasar uang yang tercermin dalam Infovesta Money Market Fund Index 90 yang tumbuh 0,48% secara bulanan dan tumbuh 4,37% secara tahunan.
Begitu pun rata-rata kinerja reksadana campuran dan reksadana saham juga berada di bawah rata-rata kinerja reksadana pendapatan tetap (lihat tabel).
Head of Research Invofesta Wawan Hendrayana mengatakan, reksadana pendapatan tetap berkinerja paling tinggi karena tersokong penurunan suku bunga yang kembali terjadi di bulan lalu.
Suku bunga yang turun ke 5,25% membuat yield obligasi turun dan harga obligasi naik. "Kinerja reksadana pendapatan tetap lebih disokong dari naiknya harga obligasi," kata Wawan, Selasa (1/10).
Selain itu, di bulan lalu perkembangan perang dagang Amerika Serikat (AS) dengan China juga cenderung mereda dan menjadi katalis positif bagi reksadana yang memiliki aset dasar obligasi.
Dengan inflasi tahunan hingga September yang masih di 2,2%, Wawan memproyeksikan ruang untuk suku bunga turun masih terbuka lebar dan menjadi kesempatan emas bagi kinerja reksadana pendapatan tetap ke depan.
Dengan begitu, Wawan memproyeksikan hingga akhir tahun kinerja reksadana pendapatan tetap bisa tetap unggul dari pada kinerja reksadana jenis lain. "Minimal kinerja rata-rata reksadana pendapatan tetap bisa sangat mungkin ke 10%," kata Wawan.

Kembali

PT. Sinarmas Asset Management meraih delapan penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 dari Majalah Investor. Produk yang mendapatkan penghargaan adalah Reksa Dana Danamas Dollar, Danamas Stabil, Simas Income Fund dan Danamas Fleksi