Kinerja negatif hantui reksadana pendapatan tetap hingga tahun depan

Nov 01 2018 08:28PM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Reksadana berbasis surat utang atau reksadana pendapatan tetap masih berkinerja negatif hingga akhir Oktober. Bahkan, diproyeksikan rata-rata kinerja reksadana pendapatan tetap belum akan pulih hingga tahun depan.
Berdasarkan data Infovesta Utama per 31 Oktober 2018, rata-rata kinerja reksadana pendapatan tetap tercatat turun 4,79% sejak awal tahun dan turun 0,91% di sepanjang Oktober 2018.
Head of Investment Research Infovesta Utama, Wawan Hendrayana mengatakan, Kamis (1/11), selama tren suku bunga dalam tren naik, maka harga surat utang terutama milik negara akan terkoreksi.
Wawan memproyeksikan rata-rata kinerja reksadana pendapatan tetap jika bisa stabil di kinerja saat ini dan tidak berangsur turun, itu sudah cukup baik. Bahkan, Wawan memproyeksikan rata-rata kinerja reksadana pendapatan masih akan negatif di sekitar 3%-4% hingga tahun depan.
Sebaliknya, kenaikan tren suku bunga membuat Wawan memproyeksikan rata-rata kinerja pasar uang di akhir tahun bisa capai 4,5% dan bertumbuh menjadi 5%-6% untuk tahun depan.
Rata-rata kinerja reksadana pasar uang tumbuh 0,43% secara month on month (mom) dan tumbuh 3,40% sejak awal tahun. Kinerja ini menjadi kinerja yang tertinggi di antara kinerja reksadana lain.

Kembali

PT. Sinarmas Asset Management meraih delapan penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 dari Majalah Investor. Produk yang mendapatkan penghargaan adalah Reksa Dana Danamas Dollar, Danamas Stabil, Simas Income Fund dan Danamas Fleksi