Sepanjang 2018 kinerja rata-rata reksadana campuran minus 2,09%, ini pemicunya

Jan 07 2019 07:40PM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gejolak di pasar keuangan domestik membuat kinerja rata-rata reksadana campuran terseok-seok pada tahun lalu. Namun, sinyal perbaikan kinerja reksadana ini sudah mulai terlihat dalam dua bulan terakhir.
Mengutip Infovesta Utama, kinerja rata-rata reksadana campuran yang tercatat di Infovesta Balance Fund Index turun 2,09% (ytd) pada 2018 silam.
Direktur Utama Sucorinvest Asset Management Jemmy Paul Wawointana menyampaikan, penurunan kinerja reksadana campuran di tahun lalu terjadi lantaran Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kerap mengalami koreksi. Harga obligasi juga kerap mengalami tren penurunan di tengah kenaikan suku bunga acuan yang cukup agresif, ucapnya, Senin (7/1).
Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana menambahkan, sebenarnya reksadana campuran sudah menunjukkan tanda-tanda perbaikan dalam dua bulan terakhir. Ini terbukti dari kinerja rata-rata reksadana campuran yang selalu berada di level positif secara bulanan yakni 2,52% pada November dan 1,17% pada Desember 2018.
Alhasil, kinerja rata-rata tahunan reksadana campuran berhasil melangkahi reksadana pendapatan tetap yang di akhir tahun lalu berada di level -2,20%. Bulan-bulan sebelumnya reksadana campuran menjadi reksadana dengan kinerja terendah setelah saham, terang Wawan, Senin (7/1).
Perbaikan kinerja rata-rata reksadana campuran cukup didominasi oleh faktor aksi window dressing di pasar saham pada akhir tahun lalu. Ini mengingat sebagian besar produk reksadana campuran yang beredar memiliki porsi efek berupa saham dalam jumlah besar.
Kinerja reksadana ini juga membaik akibat tekanan kenaikan suku bunga acuan yang berkurang pada Desember lalu. Dengan begitu, sebagian seri-seri obligasi, terutama obligasi pemerintah, mulai mengalami kenaikan harga. Apalagi, di periode yang sama, kurs rupiah yang kerap mempengaruhi kondisi pasar obligasi juga bergerak lebih stabil.

Kembali

PT. Sinarmas Asset Management meraih delapan penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 dari Majalah Investor. Produk yang mendapatkan penghargaan adalah Reksa Dana Danamas Dollar, Danamas Stabil, Simas Income Fund dan Danamas Fleksi