BNP Paribas IP getol terbitkan reksadana bertema lingkungan dan sosial

Feb 28 2019 08:39PM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. BNP Paribas Investment Partner akhir-akhir ini gencar meluncurkan reksadana indeks baru dengan konsep investing with an impact. Hal ini disebut-sebut untuk mendorong agar investor juga bisa melakukan investasi sekaligus beramal.
Sebelum meluncurkan reksadana BNP Paribas IDX30 Filantropi, jelang akhir tahun lalu manajer investasi ini juga menerbitkan reksadana BNP Paribas SRI-Kehati. Kedua reksadana ini sama-sama fokus pada investasi yang bisa memberikan dampak positif bagi lingkungan dan sosial.
Presiden Direktur BNP Paribas IP Vivian Secakusuma mengatakan, konsep investing with an impact memungkinkan investor untuk tidak hanya sekadar mengejar keuntungan finansial semata. Dalam hal ini, investor juga bisa berkontribusi terhadap lingkungan dan sosial. Sebagian hasil investasi investor disumbangkan untuk program lingkungan dan sosial, imbuh Vivian, Kamis (28/2).
Sebagai informasi, 0,5% dari dana kelolaan reksadana BNP Paribas IDX30 Filantropi akan disumbangkan untuk program yang dikelola oleh Citibank Indonesia bernama PEKA atau Peduli dan Berkarya.
Sedangkan dari catatan Kontan.co.id, 0,2% dari dana kelolaan BNP Paribas SRI-Kehati disalurkan untuk kegiatan program kelestarian dan pemanfaatan makanan lokal di Flores yang digagas oleh Yayasan SRI-Kehati.
Walau tidak bersifat mutlak, Vivian menganggap reksadana berbasis indeks cocok untuk mengimplementasikan konsep investing with an impact. Pasalnya, reksadana ini memiliki strategi pengelolaan pasif, yakni manajer investasi hanya akan melakukan indeksasi.
Tujuan akhirnya, kinerja reksadana indeks diharapkan bisa menyamai indeks yang menjadi acuannya. Investor tidak perlu lagi menebak-nebak seperti apa kinerja reksadananya, apakah akan melampaui indeks atau sebaliknya, ungkap dia.
Senada, Director Head of Marketing Sales BNP Paribas IP Maya Kamdani menyampaikan, konsep investing with an impact tergolong baru di Indonesia. Untuk itu, dibutuhkan produk reksadana yang pengelolaan dan cara investasinya sederhana agar konsep tersebut dapat diterapkan secara optimal. Reksadana indeks tergolong simpel dan cocok untuk investor pemula, katanya.
Ke depan, ia yakin kinerja reksadana-reksadana yang menerapkan konsep investing with an impact akan positif. Hal tersebut seiring dengan potensi membaiknya kondisi pasar saham Indonesia sepanjang tahun ini.
Sekadar catatan, berdasarkan fund fact sheet per Januari, reksadana BNP Paribas SRI-Kehati telah mencetak return 4,94% sejak peluncuran pada 29 November 2018 silam.
Adapun reksadana BNP Paribas IDX30 Filantropi baru akan didistribusikan kepada investor pada Jumat (1/3).

Kembali

PT. Sinarmas Asset Management meraih delapan penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 dari Majalah Investor. Produk yang mendapatkan penghargaan adalah Reksa Dana Danamas Dollar, Danamas Stabil, Simas Income Fund dan Danamas Fleksi