Pasar Bergejolak, HPAM belum ubah strategi pengelolaan reksadana saham

May 21 2019 11:34AM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja reksadana saham terancam mengalami koreksi di tengah gejolak pasar saham yang berlangsung akhir-akhir ini. Sebagai informasi, berdasarkan data RTI, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) telah terkoreksi 9,22% (mom) hingga Senin (20/5).
Di sisi lain, kinerja rata-rata reksadana saham yang tercermin di Infovesta Equity Fund Index juga merosot 7,22% (mom) hingga perdagangan kemarin.
Managing Director, Head Sales & Marketing Henan Putihrai Asset Management Markam Halim mengatakan, peluang reksadana saham untuk kembali mengalami kenaikan kinerja masih cukup berat dalam waktu dekat.
Reksadana saham pasti terkena dampak penurunan indeks saat ini, apalagi semua sektor saham juga mengalami penurunan, ungkap dia, kemarin.
Kendati pasar tertekan, pihak HPAM belum melakukan perubahan strategi pengelolaan reksadana saham. Pasalnya, manajer investasi ini telah memiliki kebijakan investasi jangka panjang.
Dalam hal ini, saham-saham yang terpilih sebagai aset dasar telah dipelajari sebelumnya dari sisi kinerja laporan keuangan serta tata kelola emiten yang bersangkutan.
Evaluasi dan perubahan komposisi portofolio reksadana saham milik HPAM baru dimungkinkan apabila gejolak pasar berakibat negatif pada fundamental di suatu sektor industri.
Sejauh ini, HPAM masih mengandalkan saham-saham dari sektor keuangan atau perbankan. Selain itu, saham dari sektor konsumer juga menjadi pilihan utama bagi manajer investasi tersebut.
Sektor konsumer memiliki prospek yang baik karena penjualan akan meningkat terutama menjelang lebaran, jelas Markam.
Terlepas dari itu, Markam yakin secara jangka panjang kinerja reksadana saham akan kembali membaik. Hal ini sejalan dengan pergerakan IHSG yang diperkirakannya bisa mencapai level 6.900 di akhir tahun nanti.

Kembali

PT. Sinarmas Asset Management meraih delapan penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 dari Majalah Investor. Produk yang mendapatkan penghargaan adalah Reksa Dana Danamas Dollar, Danamas Stabil, Simas Income Fund dan Danamas Fleksi