Meski masih minus, kinerja rata-rata reksadana saham mulai membaik

Aug 01 2019 10:19PM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rata-rata kinerja reksadana saham yang tercermin dari Infovesta Equity Fund Index masih anjlok terseret beberapa saham yang mengalami penurunan kinerja sangat dalam.
Berdasarkan data Infovesta Utama per 31 Juli 2019, rata-rata kinerja reksadana saham turun 3,13% sejak awal tahun. Sedangkan kinerja reksadana jenis lain, seperti rata-rata kinerja reksadana campuran berhasil tumbuh 4,04% di periode yang sama dan rata-rata kinerja reksadana pasar uang tumbuh 3,05%. Sementara rata-rata kinerja reksadana pendapatan tetap naik 6,36%.
Baca Juga: Reksadana pendapatan tetap memimpin return hingga Juli 2019
Meski kinerja reksadana saham secara rata-rata minus, Kepala Riset Infovesta Utama Wawan Hendrayana tetap menilai secara keseluruhan kinerja reksadana saham sudah lebih baik.
"Dari 267 reksadana saham, 200 diantaranya memiliki kinerja YTD yang positif, tapi memang ada 20% diantaranya mengalami rugi luar biasa sehingga menarik rata-rata kinerja reksadana saham turun," kata Wawan, Kamis (1/8).
Baca Juga: Mandiri Investasi berharap insentif pajak akan kembangkan industri reksadana
Di urutan terakhir dari daftar kinerja reksadana saham terdapat produk reksadana Pool Advista Kapital Syariah yang anjlok 64,64% di periode yang sama. Masih terdapat empat produk reksadana saham lainnya yang juga anjlok di sekitar -60%.

Kembali

PT. Sinarmas Asset Management meraih delapan penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 dari Majalah Investor. Produk yang mendapatkan penghargaan adalah Reksa Dana Danamas Dollar, Danamas Stabil, Simas Income Fund dan Danamas Fleksi