Kinerja rata-rata reksadana saham kalah dibanding unitlink saham, ini penyebabnya

Sep 10 2019 09:10PM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja reksadana maupun unitlink tampak saling bersaing di tengah dinamika pasar keuangan. Tercatat, ada beberapa jenis unitlink yang sepanjang tahun ini justru berhasil membukukan return melampaui reksadana. Salah satunya adalah unitlink berbasis saham.
Infovesta Equity Unit Linked Index yang menjadi acuan kinerja rata-rata unitlink saham tumbuh 4,39% (ytd) hingga Agustus lalu. Hasil ini lebih baik ketimbang kinerja rata-rata reksadana saham di Infovesta Equity Fund Index yang terkoreksi 3,85% (ytd).
Imbal hasil rata-rata unitlink saham juga melampaui Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang tumbuh 2,16% (ytd) sampai akhir bulan lalu.
Khusus Agustus, kinerja rata-rata unitlink saham juga lebih baik ketimbang reksadana saham lantaran hanya turun 1,80% (mom). Bandingkan dengan reksadana saham yang kinerja rata-ratanya merosot 2,81% (mom).
Baca Juga: Kinerja Unitlink Pendapatan Tetap Paling Mantap
Head of Research & Consulting Service Infovesta Utama Edbert Suryajaya mengatakan, secara umum kinerja reksadana saham maupun unitlink saham sama-sama terpapar kondisi pasar.
Ketika volatilitas pasar saham meningkat akibat sentimen eksternal di bulan lalu kinerja unitlink saham juga tertekan.

Kembali

PARTNERS
PT. Sinarmas Asset Management meraih delapan penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 dari Majalah Investor. Produk yang mendapatkan penghargaan adalah Reksa Dana Danamas Dollar, Danamas Stabil, Simas Income Fund dan Danamas Fleksi