DRI: Konsumen khawatir kenaikan harga pangan dan kelangkaan pekerjaan

Oct 31 2019 10:56PM

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Ada kekhawatiran konsumen terhadap kenaikan harga pangan dan kelangkaan lahan pekerjaan pada Oktober 2019 ini. Hal ini terlihat dari survei Danareksa Research Institute (DRI) yang menunjukkan bahwa sebanyak 62,9% konsumen khawatir akan kenaikan harga. Jumlah ini meningkat dari survei lalu yang menunjukkan hanya 43,8% konsumen yang khawatir.
Baca Juga: DRI prediksi IKK Oktober 2019 menurun, Ekonom: Ini perlu diwaspadai Sementara untuk konsumen yang takut akan kelangkaan lahan pekerjaan ada sebanyak 39,8% pada Oktober 2019. Jumlah ini naik tipis dari survei sebelumnya yang hanya sebesar 38,8%. Kekhawatiran konsumen yang lain adalah pada kemungkinan terjadinya bencana alam. Konsumen yang khawatir ada sebanyak 16,8% dan ketakutan khususnya ada pada kekeringan dan gagal panen. Konsumen juga merasa khawatir dengan masalah kelangkaan LPG dan harga LPG yang meningkat karena kondisi ekonomi yang memburuk pada beberapa daerah. Sebanyak 14,9% konsumen yang menyatakan hal ini dan 78,6% dari mereka merupakan konsumen yang berada di Sulawesi Selatan.
Baca Juga: Danareksa prediksi Indeks kepercayaan konsumen (IKK) Oktober 2018 turun menjadi 97,7 Dengan melihat kondisi saat ini, semakin banyak konsumen yang merasa khawatir dengan kenaikan harga yang terlalu tinggi untuk 6 bulan ke depan. Hal ini terlihat dari indeks yang meningkat sebanyak 0,6% menuju 176,3. Di waktu yang sama, sebanyak 115,6 konsumen juga yakin bahwa suku bunga akan kembali turun. Jumlah ini meningkat 0,6% dari survei sebelumnya. Konsumen yang yakin bahwa kondisi rupiah akan lebih stabil juga meningkat 1,1% menjadi 71,2.

Kembali

PT. Sinarmas Asset Management meraih delapan penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 dari Majalah Investor. Produk yang mendapatkan penghargaan adalah Reksa Dana Danamas Dollar, Danamas Stabil, Simas Income Fund dan Danamas Fleksi