Aman dari sentimen negatif, kinerja reksadana pasar uang tumbuh 0,40% pada Mei

Jun 10 2019 07:33PM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Reksadana pasar uang menjadi satu-satunya jenis reksadana yang berhasil mencatatkan kinerja rata-rata positif pada bulan Mei lalu.
Hal ini terlihat dari Infovesta Money Market Fund Index atau indeks kinerja rata-rata reksadana pasar uang yang tumbuh 0,40% (mom) pada bulan lalu. Reksadana ini masih dalam tren yang positif lantaran kinerja rata-ratanya tumbuh 2,15% (ytd) sejak akhir tahun lalu.
Managing Director, Head Sales & Marketing Henan Putihrai Asset Management Markam Halim menyampaikan, kinerja reksadana pasar uang tergolong konsisten mengingat deposito yang menjadi aset dasar reksadana tersebut masih memberikan return yang stabil. Apalagi, sejauh ini suku bunga acuan belum mengalami penurunan.
Tak hanya itu, pertumbuhan kinerja reksadana pasar uang juga ditopang oleh aset dasar lainnya yaitu obligasi tenor di bawah satu tahun. Harga obligasi yang sudah mendekati waktu jatuh tempo umumnya cenderung lebih stabil, terang dia, Senin (10/6).
Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana juga menilai, baik deposito ataupun obligasi tenor di bawah satu tahun sama-sama lebih aman dari ancaman sentimen negatif eksternal. Dengan begitu, kinerja reksadana pasar uang yang mengandalkan kedua instrumen tersebut masih tergolong positif di tengah ketidakpastian pasar saham dan obligasi.
Sangat jarang kinerja reksadana pasar uang negatif, kecuali apabila manajer investasi membeli obligasi jangka pendek yang harganya sedang turun, ungkapnya.
Wawan meyakini, reksadana pasar uang masih akan berada dalam tren yang positif dalam beberapa waktu ke depan. Prediksinya, kinerja rata-rata reksadana ini bisa mencapai kisaran 4%-5% pada akhir tahun nanti.

Kembali

PARTNERS
PT. Sinarmas Asset Management meraih delapan penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2017 dari Majalah Investor. Produk yang mendapatkan penghargaan adalah Reksa Dana Danamas Dollar, Danamas Stabil, Simas Income Fund dan Danamas Fleksi